Blogger VS Wordpress, Siapa Pemenangnya?

Bismillahirrahmanirrahim...

Seperti kita tahu, Blogger dan Wordpress adalah penyedia layanan blogging yang paling besar. Karena kedua layanan ini selain gratis alias FREE, juga memiliki keunggulan yang sulit ditandingi media blogging lain. Misalnya blog.com, secara kualitas URL nya memang sangat mengena dengan layanannya, yaitu tempat penyedia media blogging. Tapi, secara kualitas media-media blogging lain masih kalah dengan "Big Two" (Terinspirasi Big Four ^^) ini. Why? Karena blogger dan wordpress lebih mudah di konfigurasi sehingga menarik minat para penjelajah dunia maya. Selain itu, tampilan blog yang tidak berat tapi tetap menarik menjadi salah satu kekuatan blogger dan wordpress. Maka dari itu, sekarang ini banyak yang menyediakan template untuk blogger maupn wordpress secara gratis. Tapi, jika kita tandingkan, Blogger VS Wordpress, siapa pemenangnya?

Memang saat ini Blogger adalah, raksasa media blogging di dunia. Dengan terintegrasinya antara Blogger dan Google lah yang menjadi salah satu alasan mengapa blogger dengan mudah menjadi nomor 1. Tapi, mari kita kesampingkan masalah Search Engine dan berpindah ke konteks kemudahan. Misalnya, jika kita ingin menambah suatu widget, maka kita bisa langsung menuju Design --> Page Elements, dan menambah suatu script. Kita juga bisa mengedit Blog kita secara rinci di Design --> Edit HTML. Semua elemen blog seperti template maupun meta tag, dll. bisa dikonfiurasikan secara rinci dan mudah di halaman ini. Selain itu, blogger juga didukung dengan Dashboard yang menarik dan terus diupdate. Bagaimana dengan Wordpress?

Wordpress adalah suatu layanan bloggin yang memiliki fitur menarik. Wordpress tercatat sudah memiliki ratusan plug-in yang sangat mudah di gunakan. Plug-in Wordpress yang penting adalah All in One SEO Pack yang berisi Meta tag yang lengkap. Tapi salah satu kelemahan Wordpress adalah, jika kita mau mengotak-atik blog kita, maka kita diharuskan bayar. Tapi setelah bayar, kita akan mendapat 1 domain pribadi. Selain itu, ada satu fitur yang tidak bisa ditandingi oleh Blogger, yaitu adanya versi mobile (m.wordpress.com). Dengan begitu bagi anda yang senang OL lewat HP, wordpress bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lalu, Siapakah pemenangnya?

Pemenangnya adalah anda sendiri? Mengapa, karena anda lah yang membuat keputusan terakhir ^^. Tapi memang diantara Blogger VS Wordpress memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika anda ingin fitur yang lengkap, tidak ribet dengan kode html dan tidak ingin memasang iklan maka bisa memilih Wordpress. Namun apabila ingin kebebasan mengutak-atik bentuk blog serta support java script dan iklan maka pilihan jatuh pada Blogger. Jadi, keputusan terakhir tetap ditangan anda, dan jadilah The Real Blogger!

2 Responses to “Blogger VS Wordpress, Siapa Pemenangnya?”

Leave a Reply

Followers